Kalian pastinya sering mengirimkan surat penawaran untuk calon klien, namun tak jarang surat kalian tidak mendapatkan respon yang baik dari mereka. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami ingin berbagi tips-tips yang dapat kalian terapkan dalam membuat surat penawaran yang menarik dan efektif agar bisa mendapatkan lebih banyak projek dari para klien.

1. Menentukan Tujuan & Target Audience

Menentukan Tujuan

Pertama, dalam membuat surat penawaran kalian perlu menentukan tujuan dari surat tersebut. Apakah tujuannya untuk menginformasikan produk atau jasa kalian, memperkenalkan kalian sebagai perusahaan, atau menawarkan penawaran khusus untuk calon klien?

Target Audience

Selanjutnya, kalian perlu menentukan siapa target audience dari surat kalian. Hal ini akan membantu dalam membuat surat yang lebih personal dan relevan bagi calon klien.

2. Memperkenalkan Diri & Perusahaan

Memperkenalkan Diri

Kalian perlu memperkenalkan diri kalian pada calon klien. Jelaskan mengenai pengalaman dan keahlian kalian dalam bidang yang kalian tawarkan.

Memperkenalkan Perusahaan

Tidak kalah penting, kalian juga perlu memperkenalkan perusahaan kalian. Berikan sedikit informasi mengenai sejarah perusahaan dan visi misi yang dimiliki.

3. Menjelaskan Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Detail Produk atau Jasa

Setelah itu, kalian dapat menjelaskan detail dari produk atau jasa yang kalian tawarkan. Jangan lupa untuk menyertakan kelebihan dan keunikannya yang membedakan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Harga & Penawaran Khusus

Sertakan juga harga dan penawaran khusus untuk calon klien. Pastikan kalian memberikan harga yang wajar dan kompetitif dengan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Menampilkan Testimoni & Referensi

Testimoni

Menampilkan testimoni dapat menjadi nilai tambah dalam surat penawaran kalian. Calon klien akan lebih percaya dan yakin dengan produk atau jasa kalian jika melihat testimoni dari klien-klien sebelumnya.

Referensi Projek Sebelumnya

Hanya menampilkan testimoni saja tidak cukup, kalian juga bisa menampilkan beberapa referensi projek sebelumnya yang telah kalian kerjakan. Hal ini akan membantu calon klien untuk lebih memahami secara visual mengenai apa yang kalian tawarkan.

5. Menjelaskan Peraturan & Syarat dari Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Peraturan & Syarat

Jangan lupa untuk menjelaskan peraturan dan syarat dari produk atau jasa yang kalian tawarkan. Hal ini akan menghindari salah paham dengan calon klien di masa depan.

Kebijakan Pengembalian Uang

Buatlah kebijakan pengembalian uang yang jelas dan fair untuk calon klien yang tidak puas dengan produk atau jasa yang kalian tawarkan.

6. Membuat Call-to-Action yang Jelas

Call-to-Action

Call-to-Action bisa berupa ajakan untuk membeli produk atau jasa, atau meminta calon klien untuk menghubungi kalian untuk konsultasi lebih lanjut. Pastikan call-to-action yang kalian buat dapat memancing calon klien untuk mengambil tindakan.

Kontak yang Jelas

Sertakan juga kontak yang jelas seperti email, nomor telepon, dan alamat kantor agar calon klien bisa dengan mudah menghubungi kalian.

7. Menerapkan Desain yang Menarik

Desain yang Menarik

Terakhir, kalian perlu memperhatikan desain dari surat penawaran kalian. Jangan sampai surat kalian terkesan membosankan dan tidak menarik bagi calon klien. Buatlah desain yang profesional dan eye-catching agar calon klien tertarik untuk membaca isi surat kalian.

Tata Letak yang Rapi

Jangan lupa pula untuk membuat tata letak yang rapi dan mudah dipahami. Pastikan informasi yang ingin disampaikan terstruktur dan mudah diikuti.

Bonus Tips: Memanfaatkan Teknologi untuk Menciptakan Surat Penawaran yang Lebih Interaktif

  • Gunakan template surat penawaran yang telah tersedia di dalam software pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs agar lebih efisien dan cepat dalam membuatnya.
  • Memanfaatkan email atau aplikasi chatting untuk mengirim surat penawaran kalian agar lebih mudah dalam prosesnya.
  • Gunakan media seperti video atau infographic untuk menjelaskan produk atau jasa yang kalian tawarkan agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh calon klien.

Demikianlah tips-tips untuk membuat surat penawaran yang menarik dan efektif untuk calon klien. Ingatlah untuk selalu membuat surat dengan fokus pada kebutuhan dan keinginan calon klien, dan jangan lupa untuk mengikuti tips-tips yang telah kami bagikan. Bagi kalian yang ingin mencari produk digital inovatif untuk project kalian, pastikan untuk mengunjungi Eveerykit di link https://eveerykit.com/product-category/for-designer-freelancer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Surat Menyurat yang Baik untuk Proyek Desain Tanpa Rintangan

Surat-menyurat yang baik sangat penting untuk memastikan proyek desain berjalan dengan lancar. Ini bertujuan untuk menghindari rintangan dan kesalahpahaman saat berkomunikasi dengan klien atau tim proyek. Pelajari cara menulis surat yang efektif dan profesional dengan membaca blog ini!