Kalian sebagai tim designer grafis dan freelancer pasti pernah membuat surat kontrak untuk kliennya. Namun, tahukah kalian bagaimana cara membuat surat kontrak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kalian serta klien? Berikut adalah tahapan yang harus kalian lakukan untuk membuat surat kontrak yang baik dan profesional.

Menentukan Jenis Kontrak yang Dibutuhkan

Kontrak Proyek Sederhana

Jika project yang kalian kerjakan adalah project kecil dan sederhana, maka kontrak proyek sederhana dapat menjadi pilihan yang tepat.

Kontrak Proyek Kompleks

Jika project yang kalian kerjakan memiliki banyak tahapan dan membutuhkan waktu yang lama, maka kalian perlu membuat kontrak proyek yang lebih kompleks.

Menentukan Bentuk Surat Kontrak

Surat Kontrak Formal

Surat kontrak formal biasanya digunakan untuk project yang besar dan kompleks. Surat kontrak ini berisi detail tentang informasi klien dan tim designer serta proyek yang akan dilakukan.

Surat Perjanjian Kerja

Surat perjanjian kerja digunakan untuk project yang sederhana atau yang hanya membutuhkan waktu yang singkat. Surat ini berisi tentang informasi klien, jangka waktu project, dan biaya yang diperlukan.

Menentukan Isi Surat Kontrak

Deskripsi Project

Isi dari surat kontrak ini harus jelas dan dapat menjelaskan tentang apa yang akan dilakukan oleh tim designer dan freelancer untuk klien.

Waktu Pengerjaan Project

Surat kontrak juga harus mencantumkan jangka waktu pengerjaan project agar klien dapat mengetahui kapan proyek akan selesai.

Memasukan Penjelasan tentang Pembayaran

Jumlah Pembayaran

Surat kontrak juga harus mencantumkan informasi tentang jumlah pembayaran yang diperlukan untuk proyek tersebut.

Cara Pembayaran

Surat kontrak harus menjelaskan cara pembayaran yang diperlukan untuk menghindari salah paham antara tim designer dan klien.

Menentukan Hal-hal Lain yang Perlu Dicantumkan

Hak Cipta dan Kepemilikian

Surat kontrak juga harus membahas tentang hak cipta dan kepemilikan atas hasil karya.

Penyelesaian Sengketa

Surat kontrak harus mencantumkan mengenai aturan penyelesaian sengketa.

Mengedit dan Mengevaluasi Surat Kontrak

Mengedit Surat Kontrak

Setelah selesai membuat surat kontrak, kalian dapat mengedit kembali untuk memperbaiki kesalahan atau menambahkan informasi yang kurang jelas.

Mengevaluasi Surat Kontrak

Usai mengedit surat kontrak, melakukan evaluasi terhadap surat kontrak penting dilakukan agar surat kontrak sesuai dengan kebutuhan tim designer dan klien.

Melakukan Tindakan hukum

Meminta Tanda Tangan

Penandatanganan surat kontrak oleh klien dan tim designer adalah tindakan yang penting untuk melindungi kepentingan kedua belah pihak.

Melakukan Tindakan Hukum

Jika terjadi masalah yang berkaitan dengan surat kontrak, maka melakukan tindakan hukum diperlukan untuk menyelesaikan sengketa.

Tips Bonus

  • Pastikan kalian memiliki pengetahuan yang cukup tentang hukum kontrak sebelum membuat surat kontrak.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh klien.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan ahli hukum jika kalian merasa kurang yakin dalam membuat surat kontrak.
  • Gunakan template surat kontrak profesional dari Delancer untuk mempermudah pembuatan surat kontrak.

Kesimpulan

Dalam membuat surat kontrak, kalian harus memperhatikan beberapa tahapan seperti menentukan jenis kontrak, menentukan bentuk surat kontrak, menentukan isi surat kontrak, memasukan penjelasan tentang pembayaran, menentukan hal-hal lain yang perlu dicantumkan, mengedit dan mengevaluasi surat kontrak, serta melakukan tindakan hukum. Dalam pembuatan surat kontrak, kalian dapat menggunakan produk Delancer yaitu kumpulan template surat-menyurat untuk desainer dan freelancer.

Sumber: Eveerykit.com

Delancer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Kelebihan dan Kekurangan Surat Kontrak dalam Bisnis Freelance Untuk Designer Grafis

Surat kontrak bisa membantu freelance designer menghindari risiko klien bermasalah. Namun, kekurangan surat kontrak adalah memakan waktu dan biaya lebih banyak.

Trik Maksimalkan Surat Kontrak dalam Menunjang Bisnis Desain Freelance

Dalam bisnis desain freelance, surat kontrak bisa menjadi senjata ampuh. Simak trik maksimalkan surat kontrak agar bisnis desain freelance semakin berhasil!

Sukses Bisnis Desain Freelance dengan Menyusun Surat Menyurat yang Baik

Bisnis desain freelance bisa sukses dengan menyusun surat menyurat yang baik. Pelajari tips-tipsnya di blog ini!

Surat Kontrak: Bikin Freelancer Lebih Tenang dan Nyaman dalam Mengerjakan Project

Surat kontrak merupakan perjanjian yang memudahkan freelancer untuk bekerja dengan tenang dan nyaman, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Dengan adanya surat kontrak, kamu dapat memperlihatkan keseriusanmu dalam mengerjakan proyek secara profesional.