Kalian mungkin sudah sering melihat penggunaan icon pada website atau aplikasi, ditempatkan sebagai sebuah gambar kecil yang banyak digunakan sebagai elemen pendukung. Namun, penggunaan icon tidak sekadar untuk ornamen atau dekorasi semata, karena icon dapat memberikan hierarki visual yang jelas bagi pengguna untuk dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicari. Dalam blog ini, kami akan membagikan 5 cara sederhana untuk menggunakan icon pada project desain kalian agar menciptakan hierarki visual yang jelas.

1. Gunakan Icon Berwarna yang Kontras

Warna sangat berpengaruh dalam membuat hierarki visual pada sebuah proyek desain. Dalam hal ini, kalian dapat menggunakan icon berwarna yang kontras dengan background atau konten yang ada di sekitarnya. Hal ini membantu icon menjadi lebih mencolok dan mudah dilihat, sehingga pengguna lebih mudah menemukan informasi yang dicari. Pilihlah warna yang paling cocok dan menyatu dengan palette warna yang digunakan dalam proyek desain.

Bonus tip:

  • Gunakan warna yang konsisten dalam proyek desain untuk menciptakan hierarki visual yang lebih jelas.
  • Pilihlah warna yang sesuai dengan brand identity klien jika proyek desain yang kalian kerjakan untuk sebuah perusahaan.

2. Gunakan Icon dengan Ukuran yang Berbeda-Beda

Selain warna, ukuran juga dapat membuat hierarki visual menjadi lebih jelas. Icon dengan ukuran yang lebih besar dari yang lain akan lebih mudah diperhatikan, sehingga sangat efektif untuk menonjolkan informasi penting atau fitur-fitur yang ingin ditekankan. Kalian juga dapat menggunakan ukuran yang berbeda-beda pada beberapa icon untuk memberikan perbedaan level hierarki.

Bonus tip:

  • Gunakan ukuran yang konsisten dalam hal ukuran teks dan elemen desain lainnya untuk menciptakan hierarki visual yang lebih terjaga.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan ukuran yang berbeda pada icon, karena hal ini dapat membuat tampilan menjadi tidak rapi.

3. Gunakan Icon dengan Bentuk yang Memiliki Makna Tertentu

Bentuk dari sebuah icon juga memiliki pengaruh pada hierarki visual. Kalian dapat mencoba menggunakan bentuk yang memiliki makna tertentu untuk mengkoordinasi icon dengan konten yang ingin ditampilkan. Sebagai contoh, untuk sebuah proyek desain yang berhubungan dengan transportasi, kalian dapat menggunakan icon dengan bentuk mobil atau sepeda untuk mewakili konten tersebut.

Bonus tip:

  • Jangan gunakan bentuk yang tidak memiliki makna sama sekali. Sebab, hal tersebut tidak akan mempengaruhi hierarki visual yang ingin ditampilkan.
  • Kalian juga dapat melakukan riset untuk menemukan bentuk-bentuk icon yang umum digunakan dalam suatu industri atau konten tertentu.

4. Gunakan Icon dengan Kombinasi Simbol dan Teks

Untuk membantu memandu pengguna ke informasi penting, kalian dapat mencoba menggunakan icon dengan kombinasi simbol dan teks. Simbol yang digunakan dapat membuat informasi menjadi lebih mudah dikenali, sementara teks dapat memperjelas dan lebih memudahkan penggunaan bahasa yang dapat mudah dicerna oleh pengguna. Kalian juga dapat mencoba untuk mengubah ukuran dan warna dari teks dan simbol untuk menciptakan hierarki visual yang lebih jelas.

Bonus tip:

  • Pastikan simbol dan teks yang digunakan sesuai untuk tujuan yang ingin dicapai.
  • Ubah warna dari simbol dan teks menjadi kontras dengan background atau konten disekitarnya.

5. Gunakan Icon dengan Kesamaan yang Dapat Dikenali

Terakhir, bentuk dari icon itu sendiri pun mempengaruhi hierarki visual. Icon dengan bentuk yang sama dapat digunakan sebagai penanda untuk menunjukkan informasi yang relevan, atau untuk menunjukkan urutan. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan tanda panah yang mengarah ke atas dan ke bawah untuk menunjukkan urutan dari yang terpenting. Hal tersebut membantu pengguna dalam memahami informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Bonus tip:

  • Jangan terlalu banyak menggunakan ikon yang sama karena hal tersebut dapat membuat tampilan menjadi membosankan dan monoton.
  • Jika dirasa perlu, kalian bisa menggabungkan beberapa icon untuk membuat ikon yang baru dan lebih kompleks.

Kesimpulan

Demikianlah 5 cara sederhana untuk menggunakan icon pada proyek desain kalian untuk menciptakan hierarki visual yang jelas. Dalam menentukan icon apa yang ingin digunakan pada proyek desain kalian, tidak perlu repot-repot membuatnya dari awal. Kalian bisa sangat mudah menerapkan tips yang kami berikan dengan menggunakan produk Iconplate, yang berisi 3000+ icon dalam 6 style berbeda. Iconplate siap digunakan untuk project desain komersial kalian atau sebagai elemen pendukung untuk kebutuhan microstock dan produk digital yang kalian buat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *