Icon adalah elemen penting dalam desain UI dan UX yang memberikan tampilan visual yang menarik dan memudahkan pengguna. Kalian pasti sudah sering melihat icon-icon keren dalam aplikasi atau website yang kalian gunakan. Di dalam artikel ini, kalian akan menemukan untuk memberikan inspirasi dan ide dalam proyek desain kalian.

1. Icon Loading

Penjelasan:

Icon loading atau animasi loading adalah icon yang memberikan tampilan visual pada saat aplikasi atau website sedang memuat halaman. Icon loading biasanya digunakan dalam kombinasi dengan teks “Loading” atau “Please wait”. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon loading:

1.1 Icon loading kreatif

Tidak perlu menggunakan icon loading biasa, kalian bisa mengkreasikan sendiri icon loading unik dan kreatif sesuai dengan tujuan aplikasi atau website kalian.

1.2 Animasi loading

Animasi loading juga bisa menjadi alternatif yang menarik untuk menggantikan icon loading. Animasi ini bisa dihasilkan dengan menggunakan teknologi css atau javascript.

2. Icon Tombol

Penjelasan:

Icon tombol digunakan sebagai elemen visual pada tombol yang memberikan arti tertentu terkait fungsi tombol tersebut. Dalam icon tombol, kreativitas dalam desain sangat diperlukan agar dapat memberikan tampilan yang konsisten dengan aplikasi atau website kalian. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon tombol:

2.1 Icon Tombol Kreatif

Tidak perlu mengikuti icon tombol yang sudah umum digunakan, kalian bisa mengeksplorasi desain tombol yang kreatif dan unik.

2.2 Fungsi Tombol

Icon tombol harus sesuai dengan fungsi tombol yang digunakan, seperti tombol back, forward, home, dll.

3. Icon Kontak

Penjelasan:

Icon kontak digunakan pada aplikasi atau website yang memiliki fitur kontak, seperti email, telepon, atau chat. Icon kontak yang menarik dan mudah dipahami membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakan fitur tersebut. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon kontak:

3.1 Icon Kontak dengan Gaya yang Konsisten

Icon kontak harus menggunakan gaya yang konsisten dengan aplikasi atau website kalian, jangan terlalu banyak variasi dalam penggunaan warna dan bentuk icon.

3.2 Pilihan Icon Kontak

Tersedia banyak pilihan icon kontak yang bisa kalian gunakan, misalnya icon email dengan bentuk amplop atau icon telepon dengan gambar handset.

4. Icon Sosial Media

Penjelasan:

Icon sosial media digunakan untuk memberikan koneksi dan integritas media sosial yang ada dalam aplikasi atau website kalian. Icon sosial media yang keren dan mudah dikenali akan membantu pengguna untuk terhubung dengan media sosial kalian. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon sosial media:

4.1 Icon Sosial Media yang Akurat

Pastikan icon sosial media yang digunakan akurat dan sesuai dengan standar yang berlaku, seperti icon Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dll.

4.2 Konsistensi Icon Sosial Media

Icon sosial media harus konsisten dengan tema visual dan gaya yang digunakan dalam aplikasi atau website kalian.

5. Icon Menu

Penjelasan:

Icon menu digunakan untuk menampilkan daftar menu pada aplikasi atau website kalian. Icon menu harus mudah dipahami dan tidak terlalu berbeda dengan ikon menu pada aplikasi atau website lain. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon menu:

5.1 Bentuk Icon Menu

Icon menu bisa menggunakan gambar burger atau bentuk lain yang mudah dipahami sebagai menu.

5.2 Simbol Menu yang Kontras

Gunakan simbol menu yang kontras dengan background, supaya lebih mudah dikenali oleh pengguna.

6. Icon Warna

Penjelasan:

Icon warna digunakan untuk menempatkan pilihan warna dalam aplikasi atau website kalian. Icon warna yang menarik akan membantu pengguna dalam memilih warna yang sesuai dalam proyek desain mereka. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon warna:

6.1 Variasi Bentuk Icon Warna

Berikan variasi bentuk pada icon warna yang digunakan agar terlihat lebih menarik dan unik.

6.2 Simbol Warna yang Jelas

Gunakan simbol warna yang jelas dan mudah dipahami untuk membantu pengguna dalam memilih warna yang sesuai dengan proyek desain mereka.

7. Icon Proyek

Penjelasan:

Icon proyek digunakan untuk menampilkan daftar proyek yang ada dalam aplikasi atau website kalian. Icon proyek yang menarik akan memperindah tampilan dan membantu pengguna dalam mengenali proyek mereka. Berikut adalah 2 sub-judul terkait icon proyek:

7.1 Bentuk Icon Proyek

Bentuk icon proyek bisa berupa simbol- simbol seperti folder, dompet atau cangkir.

7.2 Ukuran Icon Proyek

Pastikan ukuran icon proyek konsisten dengan ukuran elemen lain dalam aplikasi atau website kalian.

Tips Bonus

  • Gunakan gaya dan warna yang konsisten dalam semua icon yang kalian gunakan.
  • Berikan variasi pada bentuk icon untuk menjaga kesegaran dan keunikan.
  • Pilih icon yang mudah dipahami dan sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Kesimpulan

Icon adalah elemen penting dalam desain UI dan UX yang memberikan tampilan visual yang menarik dan memudahkan pengguna. Kalian telah mengetahui . Namun, jika kalian membutuhkan lebih banyak pilihan dan variasi, kalian bisa menggunakan Iconplate, produk hebat dari Eveerykit yang mempermudah kalian dalam mendesain UI dan UX dalam project kalian. Iconplate terdiri dari 3000+ icon dalam 6 style berbeda yang siap digunakan untuk project desain kalian atau sebagai elemen pendukung untuk kebutuhan microstock dan produk digital yang kalian buat! Kunjungi https://eveerykit.com/product/iconplate untuk memperoleh produk ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *