6 Teknik Desain yang Harus Kalian Pelajari untuk Bersaing di Pasar Global

Desain merupakan bagian penting dari sebuah project baik itu project kecil maupun project besar. Dalam era digital saat ini, desain juga menjadi faktor kunci dalam memenangkan persaingan di pasar global. Oleh karena itu, kalian sebagai desainer harus terus meningkatkan kemampuan dan menguasai teknik-teknik desain terbaru. Berikut adalah 6 teknik desain yang harus kalian pelajari untuk bersaing di pasar global.

1. Teknik Flat Design

Pengertian Flat Design

Flat Design merupakan teknik desain yang menggunakan elemen desain 2 dimensi tanpa efek bayangan atau gradasi. Desain ini menggunakan warna-warna cerah dan pola minimalis dengan tujuan membuat tampilan yang bersih dan sederhana.

Kelebihan Teknik Flat Design

Kelebihan dari teknik flat design adalah mudah diakses, mudah dimengerti dan mudah untuk dinavigasi. Teknik ini juga bisa membantu meningkatkan kecepatan loading website karena tidak menggunakan efek bayangan atau gradasi yang berlebihan.

2. Teknik Material Design

Pengertian Material Design

Material Design merupakan teknik desain yang dikembangkan oleh Google. Desain ini menggunakan konsep tiga dimensi dengan efek bayangan dan gradasi yang halus. Teknik ini juga memiliki karakteristik warna-warna cerah dan animasi yang halus.

Kelebihan Teknik Material Design

Kelebihan dari teknik material design adalah memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, meningkatkan keterlibatan pengguna dan membuat tampilan website menjadi lebih menarik.

3. Teknik Responsive Design

Pengertian Responsive Design

Responsive Design merupakan teknik desain yang membuat tampilan website menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar gadget atau perangkat yang digunakan. Teknik ini memungkinkan tampilan website tetap terlihat rapi dan mudah untuk dinavigasi meskipun diakses dari perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

Kelebihan Teknik Responsive Design

Kelebihan dari teknik responsive design adalah meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik, meningkatkan keterlibatan pengguna dan mempermudah navigasi pada website.

4. Teknik Typography

Pengertian Typography

Typography merupakan teknik desain yang berfokus pada penggunaan font dengan tujuan menciptakan tampilan visual yang menarik, mudah dibaca dan mudah dimengerti.

Kelebihan Teknik Typography

Kelebihan dari teknik typography adalah membuat tampilan website lebih menarik, membantu mempertegas brand dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

5. Teknik Illustration

Pengertian Illustration

Illustration merupakan teknik desain yang menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan atau informasi. Teknik ini menggunakan gambar yang dapat berupa vektor maupun ilustrasi tangan.

Kelebihan Teknik Illustration

Kelebihan dari teknik illustration adalah membuat tampilan website lebih menarik, membantu mempertegas brand dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

6. Teknik Photography

Pengertian Photography

Photography merupakan teknik desain yang menggunakan gambar atau foto untuk menyampaikan pesan atau informasi. Teknik ini menggunakan gambar yang diambil dari kamera atau stock photo.

Kelebihan Teknik Photography

Kelebihan dari teknik photography adalah membuat tampilan website lebih menarik, membantu mempertegas brand dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Tips Bonus: Menjadi Desainer yang Sukses

  • Terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan desain terbaru
  • Memiliki portofolio yang kuat dan menarik
  • Memahami kebutuhan klien dan mampu berkomunikasi dengan baik
  • Menjalin hubungan baik dengan klien dan rekan kerja
  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah

Kesimpulan

Untuk menjadi desainer yang sukses, kalian harus terus meningkatkan kemampuan dan menguasai teknik-teknik desain terbaru. Eveerykit dapat membantu kalian dalam mengembangkan kemampuan desain kalian dengan produk digital inovatif yang mereka tawarkan. Yuk, kunjungi website Eveerykit di https://eveerykit.com/product-category/for-designer-freelancer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *